Pages

Pemeliharaan Bahan Perpustakaan







Pemeliharaan
bahan perpustakaan merupakan bagian dari rangkaian tindakan preservasi. Pemeliharaan adalah wujud dari tindakan preventif terhadap kerusakan bahan perpustakaan.

Tindakan preventif sendiri merupakan tindakan pencegahan terhadap kerusakan bahan perpustaan. Jadi, sederhananya begini... Tindakan pemeliharaan bahan perpustakaan adalah tindakan atau usaha pencegahan, sebelum dimulainya proses kerusakan pada bahan perpustakaan.

Contoh dari tindakan pemeliharaan tersebut adalah :
1. adanya ventilasi udara yang baik, sehingga sirkulasi udara berjalan lancar. Sirkulasi yang baik akan meminimalisir kelembaban berlebih dan menstabilkan temperatur di ruang koleksi.
2. Pembuatan rak koleksi yang memenuhi standar dan sesuai kebutuhan. Hal ini akan mencegah kerusakan koleksi karena ruang simpan yang tidak memadai, terlalu kecil, terlalu sempit, dan sebagainya.
3. Hindari meletakan koleksi berdekatan langsung dengan jendela  
4. Membuat filter terhadap paparan sinar UV (ultra violet) pada jendela, dekat lampu, atau arah sumber cahaya lainnya.
5. Hindari meletakan koleksi tanpa alas di atas lantai
6. Hindari pula meletakan koleksi di dekat kamar mandi atau saluran air
7. dan sebagainya

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka lebih baik persiapkan penyimpanan koleksi bahan perpustakaan dengan baik, dari pada nanti harus memperbaiki koleksi tersebut. Memperbaiki akan membutuhkan waktu, biaya, keterampilan yang bisa saja,tidak sedikit. Karenanya, ada baiknya mempersiapkan pemeliharaan yang baik terhadap bahan perpustakaan tersebut,sedini mungkin.






Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: